Survei : Makin Bayak Orang Menghindari Berita Penting

Reporter Debri Wahyu Wardana; Editor Dani Zahra Anjaswari

Ilustrasi seseorang memuat media. (Freepik/@freepik)

Semakin berkurangnya kepercayaan orang terhadap media menyebabkan banyak orang lebih selektif terhadap berita yang dibacanya. Seperti berita yang berisikan hal yang penting seperti Covid-19 hingga invasi Rusia ke Ukraina.

Reuters Institute for the Study of Journalism dalam Laporan Berita tahunannya mengatakan, beberapa orang yang berusia di bawah 35 tahun mengatakan bahwa berita penting dapat menurunkan kenyamanan suasana hati mereka.

Semakin banyaknya berita hoaks juga memicu berkurangnya kepercayaan orang terhadap media. Menurut hasil survei Edelman Trust Barometer 2010, tujuh dari 10 masyarakat dunia merasakan berita palsu akan digunakan sebagai senjata. Bahkan pada survei tahun 2022 sebanyak 15 dari 27 negara mengalami penurunan kepercayaan terhadap media.

Di Amerika Serikat (AS) kepercayaan terhadap berita menurun bahkan mencapai titik terendah. Menurut Direktur Institut Reuters, Rasmus Kleis Nielsen dalam laporannya berdasarkan survei daring terhadap 93.432 orang di 46 negara bahwa hanya sebagian kecil yang percaya terhadap organisasi berita di atas kepentingan kormesial.

“Sejumlah besar orang melihat media sebagai subjek untuk pengaruh politik yang tidak semestinya, dan hanya sebagian kecil yang percaya bahwa sebagian besar organisasi berita menempatkan yang terbaik bagi masyarakat di atas kepentingan komersial mereka sendiri,” tulisnya.

Sedangkan di Indonesia menurunnya tingkat kepercayaan terhadap berita akibat dari semakin banyaknya berita hoaks terlebih lagi tentang isu politik. Dari data Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel) pada tahun 2018, jenis hoaks yang sering diterima masyarakat adalah isu sosial dan politik sebesar 91,8 persen, selain itu 88,6 persen masyarakat juga menyatakan paling sering menerima berita tentang isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Ilustrasi berita hoaks (Freepik/@freepik)

Jumlah persentase hoaks tentang isu politik yang tinggi membuat banyak orang lebih menghindari berita tentang politik. Lebih lagi anak muda yang lebih tertarik menerima berita yang berisikan hiburan dibandingkan isu politik.

Salah satu mahasiswa UIN Jakarta, Haidar Ali mengatakan bahwa permasalahan politik tidak terlalu dipedulikan.

“Kalo masalah politik sih saya tidak tertarik jadi mau membangga-banggakan atau menjelek-jelekkan orang yang lawan politik gitu saya tidak peduli,” ujarnya.

Menurut Haidar bahwa banyaknya berita hoaks di media membuat beberapa orang lebih suka menerima berita atau informasi di media alternatif seperti TikTok. Terlebih lagi kaum muda yang lebih suka menerima berita dengan cara yang lagi mudah dan simpel.

“Di TikTok lebih enak untuk menerima berita karena berbentuk video dan tulisan dibandingkan harus membaca di web yang hanya berisi tulisan saja, selain itu kalo ada berita hoaks biasanya ada komentar yang buruk, jadi lebih mudah diseleksi,” ujar Haidar.

Terdapatnya konten hiburan yang ada di TikTok menjadi platform tersebut paket lengkap untuk anak muda. Bukan hanya sebuah konten informasi yang didapat terdapat juga konten hiburan di dalamnya. Dengan demikian, perlahan anak muda lebih suka konten hiburan dibandingkan memuat berita.

TikTok menjadi tempat kaum muda untuk mencari, berdiskusi, atau berbagi berita. Setiap minggu 78 persen anak berusia 18 hingga 24 tahun mengakses melalui agregator, mesin pencari, dan media sosial. Empat puluh persen dari kelompok usia tersebut menggunakan TikTok setiap minggunya.

Kepercayaan terhadap media terutama media tradisional yang menurun seharusnya dapat merebut kembali kepercayaan orang dengan meningkatkan kredibilitas lewat produksi berita-berita yang valid. Jika kepercayaan terhadap media berkurang akan mengakibatkan media alternatif seperti TikTok yang tanpa ruang redaksi memadai dan prosedur jurnalisme ketat akan semakin menjamur.


3 Komentar

Mahjong online · Juni 17, 2022 pada 4:25 pm

Thank you for sharing a very meaningful article, I think it will be very helpful for me and everyone.

pgslot · Juni 20, 2022 pada 7:43 pm

pg demo ให้คุณได้ลองเล่นเกม ได้พัฒนาฝีมือก่อนลงสนามจริง ทำให้ทุกการฝึกซ้อมของคุณมีความหมาย pg slot พร้อมทดลองเล่นฟรีแล้ววันนี้ มีเกมหลากหลายให้คุณได้ฝึกซ้อมอย่างเต็มที่

snow rider · Juni 22, 2022 pada 9:57 am

Thank you for providing such an insightful essay; I believe it will be beneficial to both myself and others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.