Sadfishing : Tren Pamer Kesedihan di Sosmed, Apa Kata Mahasiswa?

Penulis Annisa Nahwan Shafira; Editor Syaifa Zuhrina

Ilustasi sadfishing. (Pinterest/@healthline)

Tren pada sosial media ternyata dapat menjadi ajang pamer kesedihan, yang mana hal tersebut dibuat menjadi suatu yang berlebihan agar penonton merasa iba, istilah ini disebut sadfishing.

Sadfishing merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang dalam menunjukkan masalah emosional mereka secara berlebihan untuk membangkitkan simpati pada orang lain.

Namun, hal ini tidak selalu mendapat respon yang baik dari para pembaca atau pengikut yang melihatnya, bahkan tren ini dapat menimbulkan cyber bullying yang justru membuat orang tersebut menciptakan rasa kurang percaya diri (insecure) terhadap masalahnya dan dapat merugikan kesehatan mental. Oleh karena itu, istilah tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan beberapa opsi lain dalam mencurahkan isi hati, baik itu menceritakannya pada orang tua, sahabat atau ahli psikologi.

Ilustrasi media sosial. (Freepik/@freepik)

Terkait adanya istilah sadfishing, salah satu Mahasiswi Jurnalistik UIN Jakarta, Diva Putri Cahyadi memaparkan perlunya berhati-hati dalam bersosial media terlebih lagi dalam menceritakan kisah pribadi yang nantinya dapat menciptakan respon serta cara pandang pembaca yang positif maupun negatif.

“Media sosial itu bukan tempat yang baik untuk mencurahkan isi hati atau permasalahan, sebab media sosial itu bersifat umum yang semua orang bisa mengetahuinya, dan takutnya menjadi masalah semakin besar, bukannya mengundang simpati malah menjatuhkan harga diri,” ujarnya saat diwawancarai oleh Reporter DNK TV pada Selasa (7/6).

Namun tidak sedikit yang memiliki perspektif sebaliknya, seperti tanggapan Mahasiswa lain, Fathia Rachmawati yang menganggap bahwa sudah menjadi hak semua orang dalam membagikan apapun di sosial media milik pribadi serta kebebasan dalam mengekspresikan diri.

“Karena curhat di medsos itu juga menjadi hak kita, kita bebas untuk mengekspresikan diri di sana. Kalau ada orang yang berkomentar macam-macam atau menanggapi hal-hal negatif, ya cuekin aja atau kalau memang tidak suka bisa kita blokir akun tersebut,” Imbuh Fathia kepada tim DNK TV.

Ia juga menambahkan bahwa sebagian orang melontarkan curhatan hanya untuk sekadar berbagi cerita (sharing) bukan untuk mencari perhatian, serta perlunya berhati-hati dan peduli terhadap dampak dari perbuatan yang dilakukan.


2 Komentar

Montagnes Belle 2 Valentine -amatööri Francais Sextwoo · Agustus 1, 2022 pada 2:48 pm

Rus Erotik Filmler, Rus Sex Filmleri, Rusya Erotik filmini sitemizden hd
kalitesinde izleyebilirsiniz Haberler İletişim; ARAÇLAR.

Özel Arkaplan Sıfırla. Site İstatistikleri. Şu an sitemizde 480 içerik, 18 kategori ve 0 yorum
bulunuyor. Tavsiye Robotu.

Korzyści z suplementu flonase · Agustus 5, 2022 pada 11:39 pm

Montana Büyük Gökyüzü Ülke Pryor Montana Büyük Gökyüzü Ülke Pryor Bu, Montana Big Sky Country Pryor adlı ücretsiz fotoğraf veya resim örneğidir OffiDocs
uygulaması Gimp çevrimiçi resim veya fotoğraf düzenleyicisi için. Bu fotoğrafı indir GIMP çevrimiçi düzenleyicisiyle düzenleyin. Ad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.