Rayakan Idulfitri dengan Amalan Rasulullah, Apa Aja sih?

Penulis Syaifa Zuhrina

Makanan khas saat lebaran. (Freepik/@ikarahma)

Setelah berpuasa satu bulan penuh, tentu umat muslim di seluruh dunia bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan. Yap, hari raya Idulfitri. Biasanya orang-orang di Indonesia berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halamannya, berbelanja baju baru di Tanah Abang atau membuat ketupat dan kue nastar sebagai ikon lebaran. Lebih dari itu, sebenarnya Idulfitri memiliki sunah-sunah yang dapat dikerjakan oleh seluruh umat muslim, loh. Apa aja sih?

1. Takbiran

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melantunkan takbir dimulai sejak malam sebelum shalat Idulfitri berlangsung. Biasanya ini dilantunkan dari beberapa masjid atau dengan pawai obor mengelilingi kampung.

2. Mandi sebelum shalat Idulfitri

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Dan dari Amdullah bin Abbas Radiyallahu Anhuma, ia berkata, bahwasanya Nabi SAW mandi pada hari Idulfitri dan Idul Adha.” (HR Ibnu Majah)

Maka dari itu, perlunya kita mandi, berhias diri, dan memakai pakaian terbaik sebelum beranjak ke masjid untuk shalat Ied, Guys. Jangan lupa untuk membaca niat sebelum mandi sunah Idulfitri yaitu “Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala“.

3. Makan sebelum shalat Idulfitri

Selain dianjurkan untuk mandi sunah, kita juga disunahkan untuk makan sebelum berangkat shalat Idulfitri. Terkait makanannya dibebaskan, namun dalam sebuah hadits disebutkan Rasulullah menganjurkan untuk makan kurma dalam jumlah yang ganjil.

Hadits Imam Bukhari yang dikutip At Tabrizi “Rasulullah SAW tidak pergi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri sampai beliau memakan beberapa butir kurma. Beliau memakannya ganjil.” (HR. Bukhari).

Silaturahmi saat lebaran. (Freepik/@odua)

4. Memilih rute berbeda ketika pergi dan pulang dari masjid

Amalan sunah selanjutnya yakni umat muslim dianjurkan untuk memilih jalan berbeda ketika pergi dan pulang dari masjid. Hal ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar kerabat dan lainnya. Kita bisa membagi kebahagiaan bersama orang-orang yang kita temui di jalan dengan memberi sapa dan salam, Guys.

5. Bersilaturahmi dan saling mengucapkan selamat

Berkunjung ke sanak saudara merupakan tradisi saat Idulfitri yang sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Selain itu, satu sama lain dianjurkan untuk saling megucapkan “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum” yang artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

Ternyata banyak ya amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah kepada umatnya saat menyambut hari raya kemenangan. Jangan lupa untuk selalu diterapkan agar kita menjadi umat terbaik Nabi Muhammad SAW, aamiin.


1 Komentar

소액결제 현금화 · Mei 22, 2022 pada 4:26 pm

Steer clear of a penalty by filing and spending your tax because of the because of date, even if you can’t pay That which you owe.정책미납

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.