Persiapan Hingga Kendala Peserta UM-PTKIN 2022

Reporter Mazaya Riskia Shabrina; Editor Dani Zahra Anjaswari

M PTKIN 2022 — 
SISTEM SELEKSI ELEKTRONIK WIAN MASUK 
PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (SSE UM-PTKIN) 
Pelaksanaan SSE UM-PTKIN tahun 2022 ini diselenggarakan secara online dari lokasi 
masing.masing peserta, lewat aplikasi Android dan Laptop/PC Desktop yang dapat diunduh 
pada laman https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasl. pelaksanaan uji coba dan ujian akan 
dilakukan pada pada 7-10 Juni 2022 (LJji coba), dan 14-17 Juni 2022 (Ujian) 
•Span umptkin
Poster pelaksanaan UM-PTKIN 2022. (kemenag.go.id)

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2022 telah diselenggarakan terhitung dari tanggal 14-17 Juni 2022. Seleksi ini dilaksanakan secara daring dari lokasi masing-masing peserta dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). UIN Jakarta sendiri turut menyelenggarakan UM-PTKIN tahun ini di sebagai pusat seleksi di gedung National Information and Communication Technology (NICT).

Sebagai salah satu pusat penyelenggaraan UM-PTKIN, panitia lokal UM-PTKIN di UIN Jakarta sudah siaga 30 menit sebelum ujian dimulai. Setiap sesi ujian dapat diikuti maksimal oleh 800 orang peserta. Total keseluruhan peserta yang mengikuti ujian dengan pusat UIN Jakarta sendiri mencapai 7.038 peserta dari total 18.126 peserta yang berminat masuk di UIN Jakarta melalui jalur UM-PTKIN.

Sistem ujian yang diselenggarakan oleh UM-PTKIN diketahui masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu menggunakan aplikasi SSE UM-PTKIN. Tentunya peserta diharapkan menyesuaikan lokasi ujian dengan jaringan yang stabil. Perangkat yang digunakan juga diharapkan dapat berfungsi dengan baik terutama di bagian kamera dan microphone, karena meskipun dilaksanakan secara daring panitia tetap memantau peserta dari pusat ujian berlangsung untuk mengantisipasi tindakkan kecurangan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mewajibkan peserta menggunakan pakaian hitam-putih, panitia UM-PTKIN tahun ini hanya menyarankan peserta menggunakan kemeja polos dan bawahan berwarna gelap asalkan tetap sopan dan rapi. Selain dari perangkat dan pakaian, peserta ujian tentunya juga mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang akan diuji.

Peserta seleksi UM-PTKIN pusat Gedung NICT UIN Jakarta. (uinjkt.ac.id)

Salah satu peserta UM-PTKIN, Abdullah Rabbani yang telah mengikuti ujian di hari pertama merasa sudah mempersiapkan diri dengan baik dan mengharapkan hasil yang terbaik. Ia juga mengungkapkan bahwa UIN Jakarta menjadi pilihan kampus yang dituju pada seleksi UM-PTKIN tahun ini.

“Untuk persiapan saya belajar dari soal-soal tahun sebelumnya karena kebetulan gap year jadi agak susah kalau harus belajar keseluruhan materi. Insyaallah cukup untuk menjawab soal-soal yang diujikan dan semoga diterima menjadi salah satu mahasiswa di UIN Jakarta tahun ini,” ungkap Abdul.

Kesiapan yang dilakukan peserta menjelang UM-PTKIN dapat menjadi penentu kelancaran ketika ujian sedang berlangsung. Sebisa mungkin hindari lokasi yang bising supaya fokus selama mengerjakan tidak terganggu. Periksa juga kondisi perangkat dan jaringan yang digunakan untuk meminimalisasi kendala seperti aplikasi yang keluar dengan sendirinya ketika melaksanakan ujian.

Peserta UM-PTKIN lainnya, Muhammad Irfan menambahkan bahwa aplikasi SSE UM-PTKIN sudah cukup baik karena mudah untuk diakses. Hanya saja, ketika simulasi ujian dilaksanakan terdapat sedikit kendala dari aplikasi yang menyebabkan durasi waktu cukup lama untuk memuat laman tersebut.

“Sistemnya sudah cukup bagus, tapi kemarin sempat ada kendala waktu simulasi ujian. Mungkin karena banyak yang akses jadi server-nya agak down,” tuturnya.

Aplikasi SSE UM-PTKIN berupaya memberikan kemudahan bagi para peserta dengan adanya petunjuk berupa informasi seputar cara untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebelumnya, panitia UM-PTKIN telah melakukan uji coba pada tanggal 7-10 Juni lalu supaya peserta ujian tidak merasa asing dan kesulitan dengan aplikasi SSE UM-PTKIN ketika sudah waktunya ujian berlangsung.


1 Komentar

glover graham · Juni 17, 2022 pada 3:41 pm

https://www.beemedz.com/
Beemedz the best online site for medicines at lower prices in all over USA.
Beemedz is the safest way to buy your medication online. Affordable, convenient, and care was taken to create a secure buying experience. A large and growing population is turning to the internet to purchase prescription drugs from a reputable online pharmacy. Beemedz is the safest way to buy your medications online.
Beemedz, Cenforce 200, Vidalista, Cendforce 100, Viafinil, fildena, cenforce, vidalista 60, cenforce 150, cenforce 200mg, kamagra oral jelly, kamgra jelly, kamgra, trentionin cream 0025, purple pill

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.