Pengumuman UM-PTKIN Hari Ini, Berikut Tahapan Selanjutnya!

Reporter Muhammad Fajrul; Editor Latifahtul Jannah

Pengumuman UM-PTKIN 2022. (Instagram/@info.uinjkt)

Pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia dapat diakses siang tadi, 30 Juni 2022 pukul 13.00 WIB via laman https://um-ptkin.ac.id/.

UM-PTKIN adalah seleksi yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dan dilaksanakan secara Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN 2022, Imam Taufiq menyatakan dari total 142.716 peserta yang mendaftar, Panitia Nasional menetapkan 63.717 peserta lulus seleksi jalur UM-PTKIN 2022.

Pendaftar UM-PTKIN bisa memilih perguruan tinggi, Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ataupun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dengan melalui tes secara mandiri, baik offline maupun online.

Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, Feni Arifiani menyatakan setidaknya 18.126 peminat UIN Jakarta melalui jalur seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2022 hanya 1.384 calon mahasiswa yang diterima. Tentu hingga bertemu dengan kata lulus tidaklah mudah.

Salah satu peserta UMPTKIN 2022, Muhammad Airell Daffa Amrullah mengatakan bahwa selain berdoa, pantang menyerah adalah prinsip yang dipegangnya walaupun sudah gagal di jalur undangan maupun seleksi lain sebelumnya.

“Untuk persiapannya adalah berdoa kepada Allah SWT, meminta doa kepada orang tua, dan terus berharap yang terbaik,” ungkap Daffa.

“Untuk tahun ini sudah daftar SBMPTN, SPANPTKIN, dan akhirnya baru lolos UM-PTKIN di UIN Jakarta. Alhamdulillah rejeki nya disini jadi sangat bersyukur,” Ujarnya saat dihubungi tim DNK TV.

Beriut beberapa tahapan yang dapat dilakukan peserta untuk mengakses pengumuman UM-PTKIN :

  1. Mengakses web https://um-ptkin.ac.id/
  2. Klik “pengumuman”
  3. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir
  4. Klik “hasil”
Tangkapan layar website SPMB Mandiri UIN Jakarta. (spmb.uinjkt.ac.id)

Jika dilihat dari tahun sebelumnya, saat pengumuman hasil UMPTKIN, para peserta sempat terkendala dengan server yang tiba-tiba overload. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Mahasiswa UIN Jakarta semester 2, Jundy Aljihad.

“Kendala tahun kemarin ialah server yang tiba-tiba menjadi overload karena diakses pada waktu yang sama oleh banyak peserta UM-PTKIN.”

Setelah pengumuman maka peserta yang lolos akan diminta untuk melakukan pengisian Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui website https://spmb.uinjkt.ac.id dan mengisi beberapa berkas untuk pengisian UKT.

Prosedur untuk pengisian UKT dapat peserta lakukan dengan tata cara berikut :

  1. Mengakses web https://spmb.uinjkt.ac.id
  2. Klik “pengisian UKT”
  3. Login dengan nomor peserta dan tanggal lahir peserta ujian sesuai dengan jadwal yang berlaku
  4. Melengkapi form bidata dan proses pemilihan UKT
  5. Membayarkan UKT melalui bank yang sudah ditentukan Setelah pengisian UKT dan mendapatkan NIM maka peserta sudah bisa melakukan daftar ulang melalui web yang sama dengan pengisian UKT

Setelah pengisian UKT dan mendapatkan NIM maka peserta sudah bisa melakukan daftar ulang melalui website yang sama dengan pengisian UKT.


1 Komentar

deepak · Juli 4, 2022 pada 11:09 pm

You have a genuine capacity to compose a substance that is useful for us. You have shared an amazing post about land scaping. Much obliged to you for your endeavors in sharing such information with us.

diamonds engagement rings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.