Peduli Lingkungan Bawa Ranita Raih Prestasi Tingkat ASEAN

Reporter Akhmad Fattahul Rozzaq; Editor Belva Carolina

Potret Sindy Indah Oktavia dan Siti Robiatul Adawiyah yang meraih juara pada perlombaan ASEAN Young Climate Leaders Programme bertema “Green Conversations” yang digelar  ASEAN Foundation dan SAP SE. (uinjkt.ac.id)

Prestasi kembali ditorehkan oleh Mahasiswa UIN Jakarta yang berasal dari organisasi kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Ranita UIN Jakarta. Ranita mengirimkan 3 perwakilan pada perlombaan ASEAN Young Climate Leaders Programme bertema “Green Conversations” yang digelar  ASEAN Foundation dan SAP SE (perusahaan perangkat lunak multinasional) pada 22 Mei-5 Juni 2022.

Dari ketiga perwakilan yang ikut perlombaan, dua di antaranya meraih juara yaitu Sindy Indah Oktavia yang merupakan Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebagai juara pertama dan Siti Robiatul Adawiyah Mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sebagai juara kedua dalam nominasi kreatif kompetisi video.

Ilustrasi mahasiswa meraih prestasi. (Pinterest/@freepik)

Perlombaan tersebut merupakan ajang untuk menjaga lingkungan. Menurut Sindy yang mempelajari eko-populis dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ranita, lingkungan perlu dijaga untuk keberlangsungan semua makhluk hidup.

Sindy mengangkat video tentang kearifan lokal yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Indonesia kepada Association of Southeast Asian (ASEAN).

“Aku pikir, tujuanku dalam membuat video tersebut, sebagai mediaku untuk menulis dan menyampaikan secara visual, bentuk ideologi dan praktik masyarakat adat. Mengenai bagaimana penjawantahan nilai-nilai kearifan lokal dari masyarakat adat yang secara sustain berdampak terhadap lingkungan, khususnya di Indonesia. Aku ingin terus menjelajah, menyentuh peradaban secara langsung, menulisnya, lalu mengabarkannya kembali pada dunia,” ujarnya.

Peraih juara kedua, Siti Robiatul Adawiyah mengangkat tema pertanian urban yang menyoroti Situ Gintung, sebuah kawasan wisata di Ciputat yang hanya dipergunakan untuk rekreasi. Padahal, Situ Gintung merupakan contoh pertanian urban sehingga bisa dipergunakan untuk edukasi. Dia terinspirasi dari Sindy yaitu sebagai apresiator dalam pembuatan kreatif videonya.

Media digital semakin berkembang pesat, penggunaan yang bijak mendorong dalam membuat karya yang dapat di apresiasi banyak orang, bahkan dapat mengedukasi.

“Banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan di era millenial ini, kalau maupun sudah banyak faktor-faktor yang mendukung untuk kita berkembang menjadi generasi yang kreatif. Pilihannya hanya mau atau tidak mau memanfaatkan faktor-faktor itu. Pesan aku untuk generasi muda, lebih banyak lagi eksplor hal hal baru karena sudah banyak faktor-faktor mendukung yang tersedia tapi kita yang harus menggalinya,” ucapnya.


3 Komentar

Windows 8.1 Crack · Juni 23, 2022 pada 4:13 am

The program also uses multi-part download technology to speed up the process. Unlike other similar tools on the Internet, the latest version of IDM Full Version Crack files is shared during the download process to identify different categories. This makes it easy to sort the list. In addition, to improve performance, existing server connections are reused without additional connection steps IDM Crack Download 64 Bit.

drift boss · Juni 23, 2022 pada 11:21 am

I’m looking for what you share. gave me a great lot of information. I hope you’ll put in more effort to produce more fantastic posts!

poppy playtime chapter 2 · Juni 23, 2022 pada 3:08 pm

Really I am very impressed by this post. the creator of this post, it’s a great human being. Thanks for sharing this with us. I will visit your site!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.