Mengenang Azyumardi Azra, Sosok Penting Cendikiawan Muslim

Reporter Mazaya Riskia Shabrina; Editor Ahmad Haetami

Sosok Azyumardi Azra. (Instagram/@profazyumardiazra)

“NKRI dengan Pancasila sebagai dasar sudah berurat berakar sebagai entitas politik yang sesuai dengan bangsa Indonesia yang majemuk,” begitu ungkap seorang Cendekiawan Muslim, Azyumardi Azra yang mengakar hebat dalam mendedikasikan hidupnya untuk menjaga persatuan nasionalis melalui pandangan demokrasinya yang netral.

Pada Minggu (18/9), Indonesia kehilangan sosok yang berjasa besar dalam menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang Selangor, Malaysia. Ia wafat di usia 67 tahun karena serangan jantung dalam perjalanannya menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) dalam Konfrensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor, Malaysia. Jasadnya kini telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Banyak sekali jasa intelektual yang dapat kita kenang. Maka dari itu, mari kita mengenal lebih dekat bagaimana perjalanan Azyumardi Azra yang jejaknya telah mendunia dan tidak akan hilang sepanjang masa.

Profil Azyumardi Azra

Azyumardi Azra lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 4 Maret 1955. Nama Azyumardi Azra yang berarti “Permata Biru”, biasa dipanggil Edy atau Mardi di keluarganya merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Ia terlahir dari pasangan seorang ayah bernama Azikar yang saat itu berprofesi sebagai tukang kayu dan pedagang kopra, dan seorang ibu bernama Ramlah yang merupakan guru agama.

Perkenalan Azyumardi Azra kepada dunia pendidikan berawal dari kata-kata yang terpampang di bagian belakang bus atau truk dan robekan koran atau majalah bungkusan. Ia mulai mengeja setiap kata yang terdapat pada bus atau truk yang melintas di depan rumahnya bersama dengan ayahnya. Ketika Azyumardi pertama kali menginjakkan kakinya di Sekolah Dasar pada tahun 1963 di SDN 01 Lubuk Agung, di sanalah dirinya memulai kecintaannya terhadap buku. 

Azyumardi kerap meminjam buku bacaan di perpustakaan sekolah meskipun buku-buku yang dibaca sebenarnya bukan ditujukkan kepada anak-anak. Buku-buku tersebut seperti “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk”, “Sekali Tepuk Tujuh Nyawa”, “Musang Berjanggut”, dan karya-karya Taguan Marjo. Dari sana, muncul kesadaran sosial dalam diri Azyumardi yang berasal dari cerita yang dia baca hingga kini menorehkan begitu banyak jejak yang patut dikenang oleh kita semua.

Pemikiran Islam Wasathiyah ala Azyumardi Azra

Pemikiran Islam Wasathiyah yang mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kata “moderat” dalam semua dimensi kehidupan juga diperkenalkan oleh Azyumardi Azra. Ia memaparkan bahwa pemikiran Islam Wasathiyah sebagai jalan moderasi beragama dalam mempraktikkan nilai-nilai moderasi yang ada dalam Al-Qur’an untuk mencapai kedamaian dan memberi sumbangsih terhadap peradaban yang berkeadaban serta berkemajuan.

Dalam kesempatan lainnya, ia mengungkapkan bahwa moderasi yang diperlihatkan sepanjang sejarah demokrasi juga terlihat dalam berbagai lapangan kehidupan di mana para pemimpin atau kalangan nonmuslim bisa menjadi pejabat publik dalam menjalankan pemerintahan untuk bangsa kita, bangsa Indonesia.

Cendekiawan Muslim Bergelar Master of Philosophy (M.Phil)

Menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada tahun 1982, Azyumardi lantas meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah, Columbia University pada tahun 1998. Ia berhasil meraih gelar Master of Art (MA). Tidak berhenti di sana, ia juga meraih gelar Master of Philosophy (M.Phil) pada Departemen Sejarah, Columbia University tahun 1990.

Seorang suami dari Ipah Farihah ini juga menggenggam titel Doctor of Philosophy Degree tahun 1992, dengan disertasi berjudul “The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia: Network of Middle Eastern and Malay-Indonesian ‘Ulama in the Seventeenth and Eighteenth Centuries“.

Disertasi tersebut kemudian menjadi satu buku momumental berjudul “The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia” yang jadi rujukan banyak orang seluruh dunia untuk mengenal Islam di Asia Tenggara dan khususnya Indonesia.

Azyumardi Azra juga tercatat sebagai orang Asia Tenggara pertama yang diangkat sebagai Professor Fellow di Universitas Melbourne, Australia pada tahun 2004-2009. Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) International Islamic University Islamabad Pakistan.

Rektor dan Guru Besar UIN Jakarta

Azyumardi Azra pernah menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta pada tahun 1998-2006. Ketika menjabat sebagai sebagai Rektor, Azyumardi merupakan inisiator program “Japan-Indonesia Friendship Memorial” untuk pembangunan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta pada tahun 2003-2006. Ia juga menjadi inisiator program kunjungan kiai muda pimpinan pesantren ke Jepang selama dua pekan yang sudah terselenggara sejak tahun 2004.

Selain itu, ia juga membawa perubahan dengan mendorong transformasi pada Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002 sekaligus menempatkan UIN Jakarta sebagai PTKIN berstatus UIN pertama. Setelah tidak lagi menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta, Azyumardi Azra langsung menjabat sebagai Direktur Pascasarjana UIN Jakarta. Ia juga berkarir sebagai Dosen Fakultas Adab dan Fakultas Tarbiyah di UIN jakarta. Tidak hanya sebagai dosen, ia juga menjadi Guru Besar Sejarah Fakultas Adab UIN Jakarta.

Menerima Gelar Kehormatan “Commander of the Order of British Empire”

Pada 2010 lalu, Azyumardi Azra berhasil meraih gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris “Commander of the Order of British Empire” yang berarti Bintang Kekaisaran Britania Raya atau Ordo Imperium Britania atas dedikasinya di bidang seni, ilmu pengetahuan, kerja amal, dan pelayanan masyarakat. Dengan gelar kehormatan ini, Azyumardi telah diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris dan berhak memakai gelar ‘Sir‘ di depan namanya sehingga ia bebas keluar-masuk Inggris tanpa visa. Tidak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai individu pertama pemegang gelar ‘Sir‘ di Indonesia.

Azyumardi Azra saat bertemu dengan Paus Fransiskus. (Instagram/@profazyumardiazra)

Menerima Penghargaan “The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star”

Pada 2017 lalu, Azyumardi Azra yang saat itu sebagai Guru Besar UIN Jakarta menerima penghargaan “The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star” yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan Jepang kepada tokoh non-Jepang. Penghargaan ini diberikan karena ia telah memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan pertukaran akademis antara Jepang dan Indonesia. Kaisar Akihito di Istana Imperial Tokyo saat itu menyematkan langsung penghargaan ini setelah keputusan pemberian penghargaan dan sertifikàt disampaikan oleh Perdana Menteri Shinzo Abe.

Ketua Dewan Pers Indonesia

Pada 18 Mei 2022, Azyumardi Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers Indonesia 2022-2025. Azyumardi Azra dipilih menjadi Ketua Dewan Pers karena ia pernah mengelola media, memahami prinsip-prinsip kebebasan pers, dan mewakili kluster masyarakat. Ia dinilai selalu mengutamakan moderasi, toleransi, dan terdepan menyuarakan pluralisme, serta demokrasi yang dapat dilihat dari kiprahnya selama ini.

Ketika dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pers, ia yang memiliki pengalaman sebagai jurnalis menyinggung kesejahteraan jurnalis Indonesia yang menurutnya belum ideal.

Azyumardi Azra ialah sosok Cendekiawan Muslim yang layak untuk dikenang dengan kehebatannya yang telah diakui dunia. Dalam tulisan ini mungkin masih banyak sekali kehebatan yang belum disebutkan. Namun, yang jelas, kepergiannya yang begitu tiba-tiba membawa duka yang mendalam di tengah-tengah kita semua. Meskipun jasadnya telah pergi meninggalkan dunia, perjalanan hidupnya akan selalu kita kenang bersama dengan jiwa dan semangatnya sebagai sosok yang bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Untuk itu, mari bersama-sama mengirimkan doa agar Almarhum senantiasa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah. Semoga perjalanan Almarhum selanjutnya terus bersinar dan ilmu-ilmu yang ditinggalkan selalu diperdayakan sepanjang masa.


28 Komentar

바카라 · September 22, 2022 pada 11:58 am

놀다 바카라 지금 온라인으로 라이브하고 놀라운 보너스를 받으세요

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:40 pm

click Big web slots, PG, direct websites, not through agents 2021 with a fast automatic deposit-withdrawal system within 8 seconds.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:41 pm

click Big web slots, PG, direct websites, not through agents 2021 with a fast automatic deposit-withdrawal system within 8 seconds.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:47 pm

click Big web slots, PG, direct websites, not through agents 2021 with a fast automatic deposit-withdrawal system within 8 seconds.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:49 pm

click A very popular game camp that played many years ago. Until now because it’s a simple game. The rules are not complicated, the game is played for fun.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:50 pm

click Roma slot, the most popular online slot game of all time, roma slot 888, play free, online roma slot game. playing for real money Legendary online gambling game 2021 Roma Slots from famous gaming companies

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:51 pm

click Online slot web ready to provide entertainment on the internet 666 slot

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:51 pm

click online slot games Which is popular as No. 1 now, deposit-withdraw via the auto system.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:52 pm

click The latest with a game system designed for direct pg slot players because the game format is very advanced, can play pg slot auto via ios and android systems, supports playing pg slots via mobile Deposit-withdraw automatically in just 8 seconds

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:53 pm

click Online slot web ready to provide entertainment on the internet 666 slot

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:53 pm

click Big web slots, PG, direct websites, not through agents 2021 with a fast automatic deposit-withdrawal system within 8 seconds.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:54 pm

click Online slot web ready to provide entertainment on the internet 666 slot

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:55 pm

click A very popular game camp that played many years ago. Until now because it’s a simple game. The rules are not complicated, the game is played for fun.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:55 pm

click A very popular game camp that played many years ago. Until now because it’s a simple game. The rules are not complicated, the game is played for fun.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:56 pm

click Big web slots, PG, direct websites, not through agents 2021 with a fast automatic deposit-withdrawal system within 8 seconds.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:56 pm

click all slot, we have included all the web slots here, the best online slot web site, newcomer of the year 2022

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:57 pm

click Including web slot, auto deposit-withdrawal, no minimum One website can play more than 100 slot games

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:57 pm

click The No. 1 online slot website, Superslot888, is an online slot game provider that collects all camps.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:58 pm

click The easiest slots to break in 2022 All the leading slot game camps are included here.

PGGAMESLOT · September 25, 2022 pada 4:58 pm

click direct online slot Not through a joker agent, direct website, deposit-withdraw, no minimum, quality online gambling website that has received international standards.

FDGF · September 26, 2022 pada 9:44 pm

more info online slot games Which is popular as No. 1 now, deposit-withdraw via the auto system.

FGDGH · September 26, 2022 pada 9:44 pm

more info Direct web slots, not through agents online gambling games The most legendary casino game Stuck in one of the 5 most popular slot game camps. With more than 150 games to choose from, Joker Slot

FGHJGFD · September 26, 2022 pada 9:45 pm

more info Direct web slots, not through agents online gambling games The most legendary casino game Stuck in one of the 5 most popular slot game camps. With more than 150 games to choose from, Joker Slot

CBBCG · September 26, 2022 pada 9:45 pm

more info A very popular game camp that played many years ago. Until now because it’s a simple game. The rules are not complicated, the game is played for fun.

FSGRDS · September 26, 2022 pada 9:45 pm

more info online slot games Which is popular as No. 1 now, deposit-withdraw via the auto system.

SFGSGDFSF · September 26, 2022 pada 9:46 pm

more info online slot games Which is popular as No. 1 now, deposit-withdraw via the auto system.

SGDFGDFBV · September 26, 2022 pada 9:46 pm

more info currently has online slot games. Comes in a new format with 3D images as slots online, direct websites and leading game camps such as PG SLOT JOKER GAME, new member registration, 100% bonus and many more slots

바카라 게임 · September 30, 2022 pada 1:12 pm

온라인 바카라 는 전 세계적으로 매우 인기가 있으며 최고의 보너스와 충성도 높은 관리를 제공하므로 이상하지 않습니다.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.