Menebar Kebaikan Lewat Karya Jurnalistik Bersama KJB

Mitha Theana

Balques Manisang , narasumber dalam Webinar Nasional: Menebar Kebaikan Melalui Karya Jurnalisitik (Dok: DNKTV )

Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) mengadakan webinar mengusung tema “Menebar Kebaikan Lewat Karya Jurnalistik” Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian dari perayaan milad kedelapan KJB, Minggu (13/12).

Dalam acara tersebut, KJB menghadirkan pemimpin redaksi Metro TV, Arif Suditomo, News Produser dan Host TVONE, Balques Manisang dan News Produser Metro TV sekaligus anggota KJB, Lalita Gandaputri.

Balques mengungkapkan, jurnalis yang idealis adalah jurnalis yang dapat menebar kebaikan kepada masyarakat lewat tulisannya. Karena tugas jurnalis sebagai informan untuk masyarakat. Ia membeberkan langkah yang harus ditempuh jurnalis agar dapat melaksanakan tugasnya.

“Pertama harus tetap meluruskan niat kita, bahwa kehidupan jurnalis itu ingin menjadi pilar keempat demokrasi, jadi kita harus pertahankan pilar demokrasi tersebut, jadi buat semua partisipan yang ingin menjadi jurnalis, diselami dan dinikmati saja prosesnya, ibaratnya naik tangganya satu-satu, jangan langsung loncat ke atas,” ujarnya.

Lanjutnya,  langkah kedua ialah stay humble selama menjadi jurnalis, karena hal itu bukan merupakan sebuah kekuatan, namun kehormatan bagi jurnalis. Ia juga berharap, agar KJB dapat terus melebarkan sayapnya, karena dirinya masih masih ingin melihat ulang tahun KJB sampai 20 hingga 30 tahun kedepan.

Senada dengan Balques, Lalita mengungkapkan, jurnalis harus menginformasikan berita benar, dan harus memeriksakebenaran suatu informasi.

“Ketika mendapat berita yang dirasa kurang akurat atau berpeluang menjadi berita bohong, kita harus cek dulu kebenarannya dilihat dari cover both side,” tuturnya.

Lalita menambahkan, jurnalis jangan khawatir akan hambatan apapun, karena jurnalis dilindungi oleh hukumyang ada di Indonesia.

Arif Suditomo salah satu dari tiga narasumber  juga turut menceritakan pengalamannya,sebagai seseorang yang sudah mengabadikan 22 tahun hidupnya di bidang jurnalisme, bahkan sempat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) namun kembali lagi ke bidang  jurnalistik.

“Balik lagi di bidang jurnalistik, mengaku journalism itu adalah jalan hidup saya, saya tidak bisa jauh-jauh dari itu dan saya pikir, kontribusi sayabuat masyarakat essens nya ada disitu, dan saya piker ini merupakan salah satu hal yang akan saya tekuni terus hingga akhir hayat saya.” Ungkapnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.