Kunjungan Prodi KPI dan BPI FUAD IAIN Metro Lampung ke Fdikom UIN Jakarta

Reporter Ambarwati; Editor Belva Carolina

Kunjungan prodi KPI dan BPI FUAD IAIN Metro Lampung sehubungan dengan rencana Praktek Kerja Lapangan ke Fdikom UIN Jakarta. (DNKTV/Arsyad)

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta menerima kunjungan mahasiswa dari prodi KPI dan BPI Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Metro Lampung dalam rangka rencana Praktek Kerja Lapangan pada Sabtu (6/6).

Menurut Dekan Fdikom UIN Jakarta, Suparto menjelaskan bahwa kunjungan yang dilakukan FUAD IAIN Metro Lampung sudah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) yaitu dukungan kerja sama antara kedua belah pihak salah satunya melakukan kolaborasi dalam bidang akademik.

“Antara Fdikom UIN Jakarta dan FUAD IAIN Metro Lampung itu, kita sudah memliki MoU dan dukungan kerja sama, salah satunya berkolaborasi dalam bidang akademik. Dan hari ini mahasiswa program studi BPI dan KPI IAIN Metro Lampung berkunjung untuk belajar, seperti apa model pembelajaran di Fdikom,” ujar Suparto.

Dekan Fdikom juga menyampaikan kepada mahasiswa untuk kedepannya tidak hanya melakukan kunjungan saja, tetapi jika memungkinkan bisa membuat program kooperatif seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) maupun pembinaan masyarakat di Lampung.

Meskipun demikian, Kaprodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IAIN Metro Lampung, Hamdi menyampaikan jika kehadiran mereka bukanlah kunjungan, melainkan bagian dari aplikasi perkuliahan.

“Sebenarnya ini bukan kunjungan. Hal ini bagian dari aplikasi perkulihan jadi ada mata kuliah Praktek Kerja Lapangan atau PKL dan dalam aplikasi mata kuliah itu mahasiswa harus di bawa ke lapangan untuk mencari wawasan-wawasan terkait dengan jurusan BPI, misalkan apa nilai plus dari BPI UIN Jakarta, apa pembedanya, dan kurikulumnya seperti pertekom makro yang tidak ada di jurusan BPI IAIN Metro Lampung,” ujar Hamdi.

Dengan adanya PKL ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap mahasiswa, khususnya prodi KPI dan BPI IAIN Metro Lampung. Mereka akan mendapatkan wawasan terbuka dan luas untuk kedepannya, sehingga mahasiswa KPI dan BPI IAIN Metro Lampung menjadi tidak ragu terhadap prospek kerja.

Dekan Fdikom, Suparto menyampaikan jika mahasiswa harus mempunyai kompetensi dasar dan umum. Hal ini berhubungan dengan adanya PKL yang dilakukan prodi KPI dan BPI IAIN Metro Lampung.

“Mahasiswa harus memiliki kompetensi dasar dan umum. Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang relevan dengan bidang program bidang studi, misalnya KPI dan BPI. Tentunya tidak sekedar teoritis dalam ruang kelas sehingga mereka di asah dalam kompetensi yang terjun ke masyarakat secara langsung.”

Pamflet Kunjungan prodi KPI dan BPI FUAD IAIN Metro Lampung ke Fdikom UIN Jakarta. (Instagram/@bpiiainmetro)

Kaprodi BPI tersebut juga mengatakan jika prodi KPI dan BPI IAIN Metro Lampung tidak hanya mengunjungi UIN Jakarta. Namun, mereka juga akan melakukan kunjungan UIN Yogyakarta dalam rangka PKL dan akan berlangsung selama seminggu.

“PKL yang berlangsung selama ini terjadi dalam satu semester, tetapi untuk keluarnya selama satu minggu. Jadi setelah dari UIN Jakarta, besok kami lapas kelas 1 Bandung, rumah sakit jiwa Grhasia Yogyakarta. Kemudian,UIN Yogyakarta,” ucap Hamdi.

Ia juga menambahkan lebih lanjut bahwa dengan adanya PKL ini akan menambah semangat mahasiswanya untuk berkuliah dan menyelesaikan kuliahnya sesuai dengan rencana atau tidak berhenti di tengah jalan.

Bukan hanya Kaprodi BPI, Dekan Fdikom juga memberikan harapan untuk mahasiswa prodi KPI dan BPI IAIN Metro Lampung dalam melakukan PKL.

“Harapan pertama untuk kompetensi akademik, literasi, dan kompetensi sosial. Ketiga domian pertama, misalnya untuk kompetensi akademik yakni mengembangkan 4C (cooperation, communication, creativity, critycal thinking). Lalu, literasi ada dalam ranah media, teknologi, dan komunikasi. Kemudian kompetensi sosial yakni tanggung jawab, resiensi, bekerja dalam kelompok dan memecahkan masalah. Hal-hal tersebut yang akan kita kembangkan dalam aspek kompetensi,” tutup Suparto.


1 Komentar

drift boss · Juni 14, 2022 pada 8:56 am

The aforementioned BPI kaprodi also stated that prodi KPI dan BPI IAIN Metro Lampung do not have to visit UIN Jakarta. However, they will also perform a PKL kunjungan UIN Yogyakarta and the event will last for one week.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.