Jumat Bersih jadi Upaya UIN Jakarta Ciptakan Green Campus

Reporter Adellia Prameswari; Editor Syaifa Zuhrina

Aksi Jumat Bersih di UIN Jakarta. (uinjkt.ac.id)

Sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi, UIN Jakarta kembali menggelar aksi Jumat Bersih pada Jumat (10/6).

Aksi ini serentak dilaksanakan satu bulan sekali di penjuru lingkungan kampus dengan melibatkan hampir seluruh pegawai dan dosen untuk membersihkan rumput serta sampah.

“Gerakan bersih-bersih kampus harus menjadi budaya warga sivitas akademika, sehingga kampus menjadi indah, sehat, dan nyaman. Hal itu sesuai perintah agama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman,” ucap Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis pada lansiran website UIN Jakarta.

Amany Lubis yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Ahmad Rodoni bahkan turut serta membersihkan halaman di lingkungan Gedung Rektorat.

Amany Lubis dan Ahmad Rodoni dalam Aksi Jumat Bersih. (uinjkt.ac.id)

Menurutnya, UIN Jakarta perlu menjadi contoh yang baik dalam kebersihan. Oleh karenanya, seluruh warga kampus harus ikut berpartisipasi dalam program kebersihan yang diadakan oleh kampus tersebut.

Salah satu mahasiswi UIN Jakarta, Attanya Diva ikut angkat suara terkait aksi Jumat Bersih ini. Baginya kegiatan ini butuh partisipasi seluruh warga kampus khususnya mahasiswa.

“Hal seperti ini justru harus mengikutsertakan mahasiswa, baik untuk terlibat langsung maupun tidak langsung. Karena mahasiswa juga bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan lingkungan di kampus,” tuturnya saat diwawancarai via Whatsapp pada Selasa (14/6).

Hal tersebut sehubungan dengan pernyataan salah satu Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta, Syahirul Alim berpendapat bahwa keterlibatan mahasiswa dalam menjaga kebersihan lingkungan harus diperhatikan.

“Mahasiswa juga perlu disadarkan tentang kebersihan lingkungan, terutama bagaimana mereka menjaga dan memelihara kenyamanan lingkungan dalam konteks belajar di kampus. Hanya saja, bentuknya tidak harus gerakan jumat bersih tapi gerakan-gerakan lain yang diinisiasi oleh pimpinan kampus,” ujarnya pada Selasa (14/6).

Ia berharap dengan diadakannya Jumat Bersih ini seluruh elemen kampus dapat menikmati lingkungan dan udara yang bersih dengan menjaga serta menyediakan ruang terbuka hijau yang lebih bermanfaat bagi seluruh civitas akademika di UIN Jakarta.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.