Bulan Reformasi : LPM Institut UIN Jakarta Luncurkan Majalah Institut Edisi Ke-47

Reporter Ambarwati; Editor Belva Carolina

〔 」 A k 2 っ 一 6 
第 式 物 
【 ・ 骨 戸 U 三 
当 月 V ョ 
UIN SYARIF エ 一 0 ~ 
LEMB
Peluncuran Majalah LPM Institut UIN Jakarta oleh Pimpinan Redaksi, Syifa Nur Layla. (DNK TV/Ambarwati)

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut UIN Jakarta pada bulan reformasi ini, meluncurkan Majalah LPM Institut edisi ke-47 dan mengadakan diskusi publik dalam rangka membahas permasalahan indeks demokrasi yang terjadi di negeri ini dari sudut siklus politik, Sabtu (28/05) yang berlokasi di Japricoffe, Ciputat Timur.

Pimpinan Redaksi LPM Institut UIN Jakarta, Syifa Nur Layla mengatakan bahwa peresmian acara ini merupakan wujud dari permasalahan demokrasi yang terjadi di Indonesia. Hal itu, dilihat dari demokrasi yang tengah menurun. Pada akhirnya LPM Institut melakukan rapat redaksi dan menyepakati “Launching dan Diskusi Majalah Institut Edisi ke-47: Bicara Indeks Demokrasi di Indonesia” menjadi tema acara tersebut.

第 を 
蠱 ど 人 S NTI 
い ヨ 1 
亠 可 ツ 
叫 。 ツ 
-LSS 
- し イ 亘 ツ
Diskusi publik bertema Indeks Demokrasi yang dikemukakan oleh para pemateri. (DNK TV/Ambarwati)

Acara yang diadakan terbuka untuk umum dihadiri oleh sejumlah anggota LPM Institut hingga kalangan pers kampus serta tiga pemateri yaitu Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati, Kepala Divisi Hukum Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS), Andi Muhammad Rezaldi, dan Koordinator Amnesty International Indonesia Chapter UIN Jakarta, Muhammad Raihan Putra Wibisono. Bukan hanya memberikan selamat atas peluncuran majalah LPM Institut, tetapi pemateri juga menjawab pertanyaan terkait kondisi demokrasi di Indonesia yang masih diperbincangkan oleh masyarakat hingga saat ini.

Seperti halnya, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati, mengatakan bahwa secara umum demokrasi telah mengalami penyumbatan dan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga skala global. Berdasarkan data Economist Intelligence Unit (EIU), tahun 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya dan dikategorikan demokrasi yang flowed.

“Dari tahun ke tahun Indonesia mengalami penurunan, kalau ada indikator-indikatornya merah, kuning, hijau sudah banyak yang bergeser dari warna hijau ke kuning, misalnya kriminalisasi aktivis dan kebebasan sipil itu sudah warna kuning atau ada tanda serunya dimana telah ada warningnya jadi harus hati-hati,” ujar Khoirunnisa.

Kepala Divisi Hukum Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS), Andi Muhammad Rezaldi juga menyampaikan mengenai akar dari kemundurannya suatu demokrasi bukan dari sebuah survei, tetapi banyak indikator salah satunya yaitu tindakan represif. Adapun kasus pelanggaran HAM dan kekerasan seksual di Indonesia yang belum dituntaskan oleh negara.

Selain itu, Koordinator Amnesty International Indonesia Chapter UIN Jakarta, Muhammad Raihan Putra Wibisono mengatakan pentingnya kritik terhadap pemerintah.

“Kita sebagai sipil, dimana pemerintah dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat jadi kita mempunyai kekuasaan dalam berkritik. Sebenarnya mereka yang memberikan janji dan tugas kita adalah menagih, kita hanya bertanya mana janji-janjinya kenapa tidak dilaksanakan, bukan hanya itu kita di kampus tidak memiliki kebebasan berekspresi untuk menyampaikan kritik,” ujar Raihan.

Raihan juga menyampaikan bahwa peran penting dalam berkritik dapat dimulai dari kampus sebagaimana yang telah dimulai oleh LPM Institut serta perlunya mendukung LPM Institut yang merupakan bagian dari suara mahasiswa terhadap penyimpangan di lingkungan kampus.

Acara peluncuran majalah LPM institut dan diskusi publik tersebut diakhiri dengan penyerahan simbolis kepada pemateri serta foto bersama.


1 Komentar

pg slot · Juni 6, 2022 pada 3:20 pm

It’s better to play pg than play fb Playing pg is better than playing fb Today, we have a website to recommend: pg slot website, which is a website that currently provides the trendiest slots game. All you have to do is take a break from Facebook to play our pgslot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.