Bappeda Jakarta Sosialisasi TPB/SDGs, Pentingkah Pembangunan Berkelanjutan?

Reporter Syifa Indah Lestari; Editor Latifahtul Jannah

Sambutan dari Sekretariat SDGs Provinsi DKI Jakarta, Yahya Zakaria. (DNK TV/Syifa Indah Lestari)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), sosialisasi ini dilaksanakan di ruang Zoom Cloud Meetings yang dihadiri oleh beberapa institusi pada Kamis, (19/05).

Manajer Pilar Pembangunan bagian Hukum dan Tata Kelola, Yahya Zakaria memaparkan bahwa pelaporan TPB/SDGs ini bukan hanya sekedar dokumen saja, akan tetapi sebagai suatu pengikat komitmen yang dimana seluruh pihak dapat ikut serta dalam berkontribusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, di dalam sosialisasi ini juga menjelaskan bahwa adanya tujuan TPB/SDGs yang membaik serta ada juga tujuan yang masih menantang.

Sekretariat TPB/SDGs bidang sosial, Andini, berkata bahwa survei yang dilakukan melalui Google Formulir digunakan sebagai alat pemantauan dan evaluasi TPB/SDGs. Alat pemantauan tersebut mempunyai beberapa formulir yang dapat di isi sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Pemaparan materi Annisa Utami Kusumanegara. (DNK TV/Syifa Indah Lestari) 

Sekretariat TPB/SDGs Provinsi DKI Jakarta di bidang lingkungan, Annisa Utami Kusumanegara melalui DNK TV mengatakan pembangunan berkelanjutan berorientasi untuk jangka panjang.

“Pembangunan berkelanjutan berusaha melihat pembangunan bukan saja tentang growth atau pertumbuhan ekonomi tetapi juga melihat aspek-aspek yang lebih luas yang lebih komprehensif, melihat bagaimana sisi manusianya dan tentu juga sisi lingkungannya jadi melihatnya dalam kacamata yang lebih komprehensif, lebih holistik, jadi sesuatu yang kita lihat in the long-term,” jelas Annisa.

Selaras dengan yang disampaikan Annisa tujuan dari pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Annisa melanjutkan TPB/SDGs DKI Jakarta juga mendukung tujuan SDGs secara global salah satunya sanitasi.

“Sebenarnya SDGs secara global, terdapat goals yang ingin dicapai di seluruh dunia, salah satu target TPB/SDGs DKI Jakarta misalnya sanitasi, kita ingin mencapai goals tentang sanitasi supaya sanitasi itu menjadi layak. Maka untuk melihat indikator secara internasional sudah ada satu set indikator dan target yang ingin dicapai,” sambungnya.

Bappeda juga berharap agar semua tujuan yang dijalankan oleh SDGs dapat tercapai.

“Dalam melaksanakan TPB/SDGs, Bappeda berharap supaya semua goals SDGs yaitu 17 goals itu bisa tercapai sebelum tahun 2030. Jadi, kita mengupayakan agar bisa mencapai zero goals. Jadi semua indikatornya tercapai sebelum 2030 dan berharap itu semua bukan sekedar angka, akan tetapi proksi-proksinya betul-betul mencerminkan bagaimana masyarakatnya, bagaimana kondisi lingkungan, sosial, ekonomi, dan sebagainya,” tutup Annisa.


1 Komentar

pgslot · Juni 6, 2022 pada 3:56 pm

ดูดวงรายวัน เล่นสล็อตโชคดีขึ้น เรื่องของดวงมัน อยู่ที่รากฐานของแต่ละคนด้วยนะ pg-slot.game จะดวงดีโชคร้ายก็ไม่สามารถ ที่จะบอกได้ ด้วยเหตุว่าโน่นเป็น “ดวง” ดังการลุ้นโชคเล่นพนัน

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.